Suara Pelita I Bandung,- Sederet prestasi masa pemerintahan Jokowi Dodo ini mampu menyihir elektabilitas negara. Apa saja ini dia 3 Preatasi Besar Joko Widodo selama 1 periode.

1. Pemberantasan Tegas Kasus Korupsi

Sorotan pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah menangani kasus pemeberantasan korupsi. Ia berani tegas siapapun orang yang berusaha memakan uang rakyat.

Pada era tiga tahun pemerintahan Jokowi, Indonesia masih belum keluar dari zona negara terkorup di dunia. Opini Emerson Yuntho ini menandai peringatan hari anti korupsi sedunia.

Sejumlah survei menunjukkan terjadi peningkatan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi dalam kurun tiga tahun terakhir. Kepuasaan publik umumnya muncul pada bidang pembangunan infrastruktur, politik dan keamanan serta kesejahteraan sosial.

Pada masa pemerintahannya, Jokowi mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi. Sehingga, reformasi birokrasi merupakan langkah yang strategis untuk membangun aparatur negara dalam mengelola pemerintahan yang lebih baik.

2. Pengangkatan Transparan CPNS

Jika zaman dulu tak dapat dipungkiri ketika ingin menjadi PNS harus ada uang masuk. Namun berbeda di era pemerintahannya, presiden satu ini melakukan tranformasi baru mengenai mekanisme pengangkatan PNS yang dirasa tidak membuat masyarakat dengan dibuai harapan kosong.

Iapun melakukan tes CPNS dengan transfaran sehingga masyarakat yang benar benar mampu itulah yang dapat diangkat menjadi PNS.

3. Insprastuktur


Insprastuktur adalah suksesnya pencapaian Joko Widodo. Dalam tiga tahun terakhir, pemerintahan Jokowi-JK telah membangun jalan baru sepanjang 2.623 kilometer (km). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H. Sumadilaga.

Danis merinci, pada 2015 terdapat 1.286 km jalan yang baru dibangung. Setahun kemudian, yakni 2016, pemerintah berhasil membangun 559 km. Dan tahun ini telah dibangun 778 km jalan baru.

Sehingga total jalan baru yang telah dibangun sepanjang 2.623 km. Sekitar 2.000 km di antaranya merupakan jalan perbatasan yang dibangun di titik-titik terluar dan pelosok negeri.

Jalan Tol

Selain jalan baru yang sebagian besar di bangun di titik-titik terluar dan pedalaman, pemerintah Jokowi-JK juga memberikan perhatian pada jalan tol.

Ini bisa dilihat dari capaian pembangunan jalan tol yang mencapai 568 km selama tiga tahun terakhir, terbagi atas 132 km pada 2015, 44 km pada 2016, dan sisanya 392 km pada tahun ini.

Pemerintah bahkan menargetkan pembangunan jalan tol hingga 2019 mendatang akan mencapai 1.851 km. Selain jalan dan insfrastuktur presiden Joko Widodo telah membangun banyak bendungan dan jembatan di bumi ibu pertiwi ini.

Itulah 3 pencapaian Joko Widodo yang perlu diketahui sepanjang pemerintahannya. (5417)

(sumber foto Mojok.com)