Hallo sobat enterpreneur kali ini suarapelita.com akan membagikan tips seputar skill apa sih yang dipunya agar bisnis kamu langgeng. So bagi para enterpreneur kelanggengan bisnis itu merupakan harga mati, jadi mau tidak mau kamu harus punya 4 skill ini :

 

  1. Anda harus bisa jualan

Seorang enterpreneur harus bisa jualan, anda harus bisa menjual konsep , ide atau barang. Misalnya es serut, coba lihat yang modal yang dibutuhkan cuma air yang dibekukan, sirup dan susu, namun bahan yang tidak seberpa itu ketika kita olah akan menghasilkan sesuatu yang berharga.

Misal kita olah sedemiakian rupa, foto, masukin instagram kasih review maka apa yang akan terjadi es serut itu akan harganya bisa nyampe ratusan kali lipat.

Enterpreneur itu harus bisa jualan, jika jualan anda sudah mentok sudah tidak laku lagi maka anda harus putar otak agar jualan anda laku lagi itu baru namnya enterpreneur.

  1. Harus bisa menemukan fatner yang tepat

Jika anda seorang enterpreneur tentunya anda harus bisa mempunyai mitra dan patneur yang tepat. Semua itu ngaruh loh, anda harus temukan patner yang tepat, reseller yang tepat, suplayer yang tepat, dan konsumen yang tepat.

Ini penting sekali, kalau salah satu patner itu berlubang dan tidak tepat maka besar kemungkinan bisnis anda akan sulit berjangka panjang.

  1. Sebagai seorang enterneur anda harus tau kelebihan anda

Dalam dunia usaha anda harus punya kelebihan yang berbeda dibanding dengan para pembisnis lain.Karena dengan anda tau kelebihan anda, anda seharusnya tidak perlu takut dan panik dengan kompetitor bahkan bisa dijadikan mitra tanding.

Misalnya mungkin kompetitor anda akan menjual produk lebih murah dari anda, kamu tidak akan panik karena memang kualitas kamu lebih unggul. Jangan samakan membanting harga yang jauh lebih murah karena itu dapat menghancurkan bisnismu.

  1. Siap menerima kritikan extream

Banyak pengusaha yang tidak menerima kritikan extream, namun lihat perusahaan besar. Perusahaan besar menyimpan kotak kritikan dan saran agar perusahaannya lebih maju.  Pasti ada custemer report, ada surat kepuasan kalau baik yang baik kalau jelek yah jelek.

 

Nah misal perusahaan gojek dia memberikan ratting bintang kepada custemernya misal dar ibintang 1 sampai 5. Ya kalau baik yah baik dan jelek yah jelek. Terus ke swalayan harus ada kepuasan senyuman itu tanda perusahaan besar harus bisa menerima kritikan.

 

Contoh lainnya adalah Elon Musk pendidiri pepo itu adalah manusia brilion yang lahirnya di afrika selatan. Kini dia merencanakan untuk tidak tinggal di bumi lagi melainkan di planet lain. Nah taukah anda kenapa perusahaannya besar karena pertama dia selalu mau menerima kritik dan komplain dari pelanggannya. Komplain dari pelanggannya itu ia perbarui- perbarui lagi dan akhirnya ia dapat menciptakan produk yang luar biasa.

 

Jika ada orang yang komplain ke perusahaan anda, anda harus senang. Perlu dibedakan antara kompalin dan hatters itu beda. Hatters itu kemungkinan iri pada anda.  Tujuannya menjatuhkan anda itu artinya ia tidak bisa membuat karya seperti anda.

Nah sebaliknya komplain itu mungkin sakitnya tuh sama dari segi kata- kata yang pedas. Karena expetasi produk anda itu berbeda dan si pelanggan merasa kecewa. So tapi itu benar, anda jangan mengindahkan kritikan tapi anda harus menganggap sebuah kritikan itu sarana untuk kemajuan usaha anda.

 

Nah itulah 4 skill yang harus kamu punya jika ingin bisnis kamu langgen. Selamat mencoba dan tetap semangat pantang menyerah. (Red/Biss) *Sumber Youtube succes before 30