Suarapelita.com,- Harga bawah putih melanjok tinggi dari mulai kisaran harga 30 ribu menjadi 80 ribu rupiah perkilogram. Tentu kenaikan ini membuat resah kaum emak- emak. Namun taukah dibalik keresahan ada hikmat tersendiri bagi warga desa terutama mereka yang punya pekarangan dan perkebunan yang luas. Pasalnya ini bisa dijadikan bisnis. Setuju..

 

Yuk ini dia tips menanam bawang putih yang pastinya sangat- sangat cocok dengan kondisi bangsa Indonesia sekarang.

  1. Mendapatkan Bibit Bawang Putih

Anda bisa saja menggunakan siung bawang putih yang dibeli dari pasar sebagai bibit. Tetapi sayangnya kita tidak bisa tahu dari mana asal bawang putih itu. Mengetahui asal bawang putih sangat penting untuk melihat apakah jenis bibit bawang putih itu cocok ditanam ditempat yang kita inginkan. (Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana)

Akan lebih baik jika anda membeli bibit dari toko tanaman yang menjual varietas bawang putih dan anda bisa memilih  yang cocok dengan daerah tempat tinggal Anda. Membeli langsung ke toko akan membuat anda bisa memilih dan melihat langsung kondisi bibit apakah memang bagus atau tidak. Bawang putih juga memiliki varietas yang beragam, ada bawang putih yang bisa ditanam di cuaca dingin atau kering.

Mengapa tidak disarankan untuk menggunakan siung Bawang Putih yang Anda beli di pasar.

Kadang-kadang Bawang putih yang dijual di pasar berasal dari tempat yang jauh, jadi tidak bisa dipastikan cocok tumbuh di lokasi  tempat tinggal Anda.

Bahan kimia biasa digunakan untuk membuat Bawang Putih  awet lebih lama. Bawang putih yang telah diawetkan ini akan sulit untuk pertumbuhannya akan lebih sulit bila dibandingkan dengan bawang putih yang tidak diawetkan.

  1. Waktu tanam

Waktu tanam yang cocok untuk Bawang Putih adalah di musim gugur atau musim semi. Jika di daerah musim dingin, menanam bawang putih lebih baik pada musim gugur. Bawang putih akan tumbuh dengan  siungnya lebih besar dan lebih memiliki rasa yang kuat dibandingkan yang ditanam pada musim semi. Tapi jika Anda tinggal di daerah tropis atau sub tropis maka tanamlah  bawang putih Anda di awal musim semi.

Di negara empat musim jika Anda menanam bawang putih pada musim gugur, tanamlah 6 – 8 minggu sebelum mulai bersalju.

Jika Anda ingin menanam bawang putih di musim semi, tanamlah selagi tanah masih bisa digunakan pada bulan Februari atau Maret.

3. Menyiapkan Lahan

Matahari adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang Bawang putih. Carilah  titik yang mendapat sinar matahari penuh dan memiliki sistem pengairangn yang baik. Galilah  tanah kurang lebih 4 inchi. Lalu dasari lubang dengan  kompos untuk menambah nutrisi agar bawang putih tumbuh kuat dan sehat. (Baca juga: Cara Budidaya Bunga Aster).

Menanam Bawang putih dalam pot juga bisa dilakukan. Anda bisa memilih pot atau tempat  dengan kedalaman  dan lebar yang cukup isilah dengan tanah yang telah diberi pupuk.

Bawang putih menyukai tanah dengan tipe tanah bertekstur lempung berpasir dan struktur tanah gembur dengan pH 5,5-7. Di atas tanah inilah tanaman bawang putih di bibitkan Bersihkan lahan dengan caran membersihkan sisa-sisa tanaman yang ada di dalam atau di atas permukaan lahan lewat pembajakan sedalam 20-30 cm.

Matahari adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang Bawang putih. Carilah  titik yang mendapat sinar matahari penuh dan memiliki sistem pengairangn yang baik. Galilah  tanah kurang lebih 4 inchi. Lalu dasari lubang dengan  kompos untuk menambah nutrisi agar bawang putih tumbuh kuat dan sehat. (Baca juga: Cara Budidaya Bunga Aster)

Menanam Bawang putih dalam pot juga bisa dilakukan. Anda bisa memilih pot atau tempat  dengan kedalaman  dan lebar yang cukup isilah dengan tanah yang telah diberi pupuk.

Bawang putih menyukai tanah dengan tipe tanah bertekstur lempung berpasir dan struktur tanah gembur dengan pH 5,5-7. Di atas tanah inilah tanaman bawang putih di bibitkan Bersihkan lahan dengan caran membersihkan sisa-sisa tanaman yang ada di dalam atau di atas permukaan lahan lewat pembajakan sedalam 20-30 cm.

 

Pembajakan dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu. Kemudian dibuat pembatas tinggi 20-50 cm dan lebar 60-150 cm. Panjang pembatas bisa disesuaikan dengan lahan. Buatkan parit di antara pembatas untuk irigasi air dengan lebar 30-40 cm. Dalamnya parit itu sendiri tergantung dari keadaan musim. Di musim hujan misalnya, harus dibuatkan parit yang lebih dalam.

4. Menanam Bawang Putih

 

Proses penanaman, umbi bibit yang digunakan diupayakan  memiliki ukuran yang seragam. Umbi ditanam dengan kedalaman 2-3 cm. Jarak tanam dapat disesuaikan dengan ukuran siung yang digunakan, misalnya jika bobot siung lebih berat dari 1,5 gram maka jarak tanamnya 20 cm X 20 cm.

Untuk jumlah  bibit, jika berat siung bibit 3 gram satu hektar lahan dibutuhkan sekitar 1.600 kg. Tapi jika berat siung bibit 1 gram maka dibutuhkan 670 kg. Berikut ini adalah tata cara menanam bawang putih yang benar.

Ambilah siung-sing tunggal dari bawang putih, jaga  lapisan kulitnya tetap utuh.

Tanam siung bawang putih dengan jarak 4 inchi dan kedalaman 2 inchi.

Usahakan  bagian akar mengarah ke bawah dan sisi runcingnya mengarah ke atas untuk mengarahkan agar bawang putih tidak tumbuh ke arah yang salah.

Kemudian tutuplah  siung bawang putih dengan tanahyang telah diberi pupuk  dan tepuk perlahan.

Jika berat siung bawang putih kurang dari 1,5 gram, maka jarak tanamnya  bisa dipilih dengan ukuran 15 cm x 15 cm atau  dengan ukuran 15 cm x 10 cm.

5. Merawat Bawang Putih

Lahan tanaman bawang putih anda harus terjaga dan terlindungi tutupi lahan tanaman anda. Di  musim gugur, lahan anda membutuhkan jerami dengan  6 inchi. Tetapi di musim semi, Anda tidak membutihkan penutup ini.

Pada  musim semi akar bunga bawang putih bisa anda potong agar umbi bawang putih dapat tumbuh besar.  Anda bisa melihat batang bawang putih muncul di awal musim semi.

Cukupi kebutuhan air. Bawang putih membutuhkan kadar air dan periode pengairan yang tepat. Bawang putih membutuhkan air setiap 3 hingga 5 hari tergantung pada cuaca. Kalau Anda  melihat. (5417)

 

 

sumber : Ilmubudaya.com