GARUT, Suarapelita.com – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, melepas Komandan Batalyon Infanteri Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol beserta 450 prajuritnya yang bertugas menjadi Pamtas (pengamanan perbatasan) RI – Malaysia.

Pelepasan dilakukan dalam upacara yang digelar di Markas Yonif Raider 303/SSM, di Cibuluh, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jumat (14/6/2019).

Dalam kesempatan itu Helmi bertindak sebagai inspektur upacara.

“Rasa bahagia dan bangga yang saya rasakan tidak terlepas dari kesempatan untuk melepas keberangkatan prajurit-prajurit terbaik TNI dalam rangka menjalankan tugas negara, melakukan pengamanan wilayah perbatasan dengan negara Malaysia, yang tentunya dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” ucap Helmi.

Helmi pun mengaku merupakan kehormatan dapat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka pemberangkatan prajurit Yonif Raider 303/13/1 Kostrad yang akan melaksanakan Satgas Pamtas RI-Malaysia.

“Di saat kami sedang terlelap tidur, di saat kami berbahagia berkumpul dengan keluarga, dan di saat kami merasa nyaman melakukan berbagai aktivitas. Di balik itu semua, terdapat ribuan anggota TNI yang tengah bertugas menjaga kami dari berbagai gangguan yang dapat merongrong keamanan negara. Rasa terima kasih tentu tidaklah cukup untuk membalas ketulusan, keikhlasan dan pengorbanan dalam menjalankan profesi sebagai prajurit TNI. Terlebih keikhlasan dan ketulusan pengorbanan orangtua, istri beserta putra putrinya,” tutur Helmi.

Di akhir sambutannya, ia berharap agar seluruh keikhlasan anggota Yonif Raider 303/SSM Kostrad beserta keluarga menjadi amal ibadah dan meninggikan derajat sebagai makhluk Tuhan.

“Semoga pula seluruh anggota Yonif Raider 303/SSM yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan perbatasan RI – Malaysia senantiasa dalam perlindungan dan rahmat Allah SWT. Senantiasa diberikan kelancaran maupun kemudahan dalam menjalankan tugas, serta kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” tuturnya.

Turut hadiri dalam kegiatan ini sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Garut, di antaranya Kasi Pers 062/Taruma Negara, Dandim 0611/Garut, Dandenkesyah 03.04.02, Dandenbekang III.04 Garut, Dandenpal A.03-12-04, Dansubdenzibang 023/III, Kapolres Garut dan juga sejumlah tokoh masyarakat. (*)